Bisakah kutil kelamin menular sekalipun menggunakan kondom?

Bisakah kutil kelamin menular sekalipun menggunakan kondom


Pertanyaan : Halo, Dr. Saya berhubungan seks dengan pacar saya sekitar seminggu yang lalu, dan baru-baru ini saya menemukan bahwa pacar saya sering berhubungan seks dengan berganti-ganti pasangan pria. Saat itu saya menggunakan kondom. Saya melihat sesuatu yang tidak biasa pada vagina pacar saya, seperti benjolan yang menyerupai kutil kelamin. Dok, apakah penyakit pacar saya bisa menular ke saya? Saat itu saya menggunakan kondom. Terima kasih atas waktu Anda.

Jawab :

Halo dan terima kasih atas pertanyaan Anda untuk Alodokter.

Kutil kelamin adalah penyakit kulit yang ditandai dengan benjolan kecil berwarna kulit atau lebih gelap di daerah genital atau anus yang dapat tumbuh sendiri-sendiri atau berkelompok seperti kembang kol. Penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi virus HPV, yang dapat ditularkan melalui kontak kulit secara langsung, terutama saat berhubungan seksual.

Meskipun Anda menggunakan kondom saat berhubungan seksual, Anda tetap bisa mendapatkan kutil kelamin dari pasangan Anda jika kulit di sekitar alat kelamin Anda tidak terlindungi oleh kondom dan bersentuhan langsung dengan area vagina yang terinfeksi kutil kelamin pasangan Anda.

Meski begitu, belum tentu Anda dapat tertular karena munculnya gejala juga bergantung pada kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi virus.

Untuk saat ini, sebaiknya Anda hanya mengawasi kondisi Anda dan memastikan Anda tidak memiliki keluhan atau gejala kutil kelamin. Yang perlu Anda lakukan adalah menjalani gaya hidup sehat, yang meliputi tidak berganti pasangan seksual, tidak melakukan perilaku seksual berisiko, meningkatkan asupan protein dan makanan kaya vitamin, berolahraga 3-5 kali per minggu, tidur yang cukup dan teratur, menghindari rokok dan alkohol, dan mengelola stres dengan baik.

Itu saja yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat. Terima kasih banyak. Jika Anda masih membutuhkan jawaban atau sedang mengalami gejala kutil kelamin dalam waktu singkat, sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter kelamin terdekat. Jika Anda berada di area Bekasi atau Jabodetabek, Anda bisa ke klinik Raphael.

Anda dapat menghubungi kami di lokasi, alamat situs web, dan nomor telepon berikut:

Website Resmi :

https://www.klinikraphael.com

https://klinikpenyakitandrologi.com

https://www.klinikkelaminku.com

 

Alamat :

Jl.Moh. H. Thamrin Blok B No.17,

Cibatu, Cikarang Selatan, Kab. Bekasi - Jawa barat 17520

 

Konsultasi Online Gratis via WA : 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681

Konsultasi Online Gratis via Telegram : https://t.me/Klinik_Raphael

Kontak email : raphaelklinik@gmail.com

Lokasi Google Maps : https://g.page/klinik-raphael?share


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa perbedaan antara gonore dan sifilis?

Terasa ada cairan ingin keluar dari alat kelamin dan baru saja pulih dari sifilis

Sakit saat buang air kecil dan keluar cairan seperti air mani